Biar HP Tetap OK !!!

Sekarang ini orang bisa dengan santai mengeluarkan hp di bus-bus kota tanpa harus lirik kiri-kanan dulu, tanpa harus curiga atau mematikan hp-nya. Di bus kota, di halte, atau bahkan di terminal sekalipun, dengan gampang, kita bisa melihat orang yang sedang asyik ber-hp ria. Tentu saja, semua itu bukan karena negeri ini, khususnya kota ini sudah aman. Jakarta tetap seperti dulu: tetap ada pencopet dan penodong. Tapi kenapa mereka berani ?

Sebab produk handphone sudah seperti gerimis yang menyerbu pasar. Para produsen saling bersaing dan harga pun jadi miring. Nggak heran jika hp kemudian diproduksi secara massal. Harga hp pun jadi murah. Untuk ukuran tekhnologi yang termasuk super canggih itu, bisa dibilang sangat murah. Dengan sendirinya hp pun nggak lagi dipandang sebagai sesuatu yang luks dan mewah. So, wajar saja kalau sekarang orang nggak lagi takut mengeluarkan hp di tempat umum. Karena itu tadi, hp bukan lagi sesuatu yang 'wah'.

Meski begitu, kewaspadaaan tetap sesuatu yang penting. Meski bukan lagi tergolong barang mewah, kalau kecopetan ya pusing juga. Sekali lagi, kewaspadaan itu penting. Tapi ada sesuatu yang nggak kalah penting: pemeliharaan! Sebab kalau punya hp tapi nggak dirawat, nggak dipelihara, bukan mustahil harga jualnya jadi turun drastis. So, kalo Anda punya hp, jangan bosan-bosan merawatnya. Soalnya ini soal untung rugi, soal uang!

Tips berikut ini patut anda simak (biar hp anda tetap sip !!)

Jangan rusak label garansi

Kalau anda membeli hp baru, maka anda akan mendapat kartu garansi. Sekedar mengingatkan, kartu garansi itu tidak akan berlaku lagi jika terdapat perubahan pada komponen di dalam hp. So, jangan mengutak atik atau membuka apalagi membongkar isi dalam hp sendiri. Selama waktu garansi masih berlaku, jangan juga mengganti lampu hp. Sebab mengganti lampu berarti membongkar komponen hp dan itu membuat garansi itu tidak berlaku lagi. Kalau ada yang error dengan hp anda, sebaiknya bawa saja ke pabriknya atau tempat anda membeli hp tersebut dan tunjukkan kartu garansinya.




Layar LCD

Umumnya dalam waktu dua tahun layar LCD (layar hp) akan mengalami aneka gangguan. Mulai dari sinarnya mulai meredup hingga meredup total (ngeblank). Kalau sudah begitu, sebaiknya jangan ambil resiko. Sebelum kerusakannya bertambah gawat (kerusakan di layar LCD biasanya menyebar), berhubung ongkos servicenya mahal, jalan paling aman menjualnya sebelum layar LCD tersebut mati total.

Goresan

Untuk menghindari goresan anda bisa membeli sarung hp. Harganya relatif murah, antara 10 - 30rb. Tergantung jenis dan merk hp-nya. Anda juga dapat membeli lapisan LCD, guna melindungi LCD hp anda dari goresan.

Air = Musuh besar

Setiap barang elektronik, termasuk hp, sebaiknya memang dijauhkan dari air. Sebab resikonya bisa macam-macam. Bila terkena apalagi terendam air, komponennya bisa konslet[/] kemudian mati total. Tapi sekarang ini telah dijual sarung hp anti air, yang uniknya jika hp anda memakai sarung ini, anda bisa menggunakan hp tersebut meskipun anda berada dalam guyuran hujan lebat.

Awas tekanan

Jangan menekannya, apalagi dengan sengaja dan sekuat tenaga. Sebab layar hp sangat rentan jika ditekan. Karena itu, jangan membiasakan diri menyimpan hp di saku celana, apalagi di saku belakang. Sebab ketika duduk, hp tersebut pasti akan tertekan. Jika itu terjadi, maka layar LCD akan mengeluarkan cairannya. Setelah itu layar hp menjadi buram, samar-samar, atau bahkan tidak berfungsi sama sekali.

Hindari sinar matahari langsung

Jangan meletakkan hp dengan layar LCD menghadap ke atas di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Sebab hal tersebut bisa mengurangi kinerja kristal pada LCD. Jangan pula meletakkan hp di tempat yang kelewat dingin. Simpanlah hp di tempat yang bersuhu sedang.

Casing bisa bikin masalah

Buat anda yang sering gonta-ganti casing, sebaiknya perhatikan yang satu ini. Pilihlah casing yang sesuai dengan jenis hp anda. Memang ada beberapa casing yang bisa pas walaupun jenis hp-nya berbeda. Tapi, saya anjurkan agar anda jangan membeli casing yang jarak antara kaca di casing dengan LCD di dalam terlalu dekat.

Baca Juga:



1 Response
  1. thx informasinya...berharga skali klo mau beli hp second.


Posting Komentar

Komentar Terbaru

Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan Artikel Gratis:

Delivered by FeedBurner

Indonesian Blogger Tips, Triks AdSense, Tutorial Blog, Tutorial SEO, Download Template Blogger, cara membuat blog, daftar google adsense, bisnis internet, tutorial facebook, tutorial frienster, buat facebook, buat frienster Cara Membuat Blog Tips for New bloggers